4 tahun yang lalu...


Men's Republic hanya sebuah toko online biasa yang menjual barang barang branded seperti Levis, Fred Perry, Superdry, Macbeth, dll.


Berawal dari minjem kaos ke pedagang Tanah Abang, lama lama stock barang sendiri. Setelah jatuh bangun, gonta ganti bisnis, pertengahan 2014 baru Men's Republic bertransformasi menjadi sebuah brand fashion pria dengan produk sendiri, alias ngga minjem barang lagi.


Selama 1,5 tahun lebih terakhir ini kami terus berkembang, mulai dari nothing sampai menjadi salah satu pionir brand fashion pria kalangan middle class di Indonesia.


Ya, sebuah merk yang masuk media Forbes dan diliput banyak media nasional hari ini adalah bisnis yang dimulai dari Pasar Tanah Abang.


*Note : Foto di atas ini adalah kwitansi pembayaran saya ke salah satu toko di Tanah Abang 4 tahun yg lalu. 4 tahun yg lalu saya sengaja menyimpan kwitansi ini sambil berkata dalam hati, "Satu hari nanti, kwitansi ini punya makna historis yang besar!"


Dan ternyata benar, kemarin saat lagi ngubek ngubek lemari nemu ini dan langsung saya laminating buat jadi kenang kenangan sampai saya besar nanti. Saat melihat ini saya langsung keputer semua perjalanan bisnis saya dari 0 sampai sekarang. Dengan bangga saya akan selalu cerita, bahwa Men's Republic hanya dimulai oleh seorang anak kecil 15 tahun yang nekat pergi ke Tanah Abang untuk cari barang. Dan jadilah hari ini.


I just wanna tell you guys...
Tidak ada yang instan.
Semua selalu berproses.
Kerja keras tak pernah berkhianat.
Keringat tak pernah berdusta.
Never too young to become a billionaire.


Yasa Singgih
29 Maret 2016