Sering banget orang cuma liat sosok sukses dari cerita kerennya doang. Tapi lupa kalo ada cerita berdarah-darah, ditipu, bangkrut, rugi sebelum dia mencapai puncak. Bohong kalo orang yang sukses besar ngga pernah gagal. Semua pasti pernah jatuh.

Pengusaha boleh rugi materi.

Tapi ngga akan pernah rugi pengalaman.

Pengalaman itu paling mahal, ngga bisa dibeli.
Dulu rugi 1 juta nyesek, tapi kalo udah pernah rugi 10 juta maka 1 juta jadi ngga nyesek lagi.

Jadi sebenernya rugi dan bangkrut itu adalah teman baik pengusaha. Ngga usah takut ngga usah malu, biasa aja.
Rugi dan bangkrut adalah vitamin terbaik untuk pengusaha. Anggep aja gagal itu sebagai uang belajar. Belajar dari kegagalan diri sendiri itu emang sakit, tapi paling efektif. Karena kita ngga mungkin hatuh di lubang yang sama lagi. Kalo masih jatuh namanya oon, hehehe soalnya ngga belajar dari masa lalu.