Tulisan in inspired dari tulisan Edward Suhadi.
Dear manteman, terutama yang berkarir sebagai profesional di perusahaan

Sadarilah, kamu bekerja bukann untuk bos atau perusahaanmu. Kamu bekerja utk dirimu sendiri, kamu bertanggung jawab penuh atas karier yg kamu jalani. Kamu bekerja untuk menambah kapasitas kehebatan dirimu sendiri, bukan untuk orang lain.

Apakah kamu sudah memberi 25 saat diminta 10? Apakah kamu siap memberi 100 saat diminta 70? Apakah kamu bekerja sesuai bayaranmu atau kamu memberikan value lebih dari yang perusahaan bayar kepada dirimu? Coba tanya kembali pada dirimu dan jawablah dengan jujur, kalau kamu jadi bosnya apakah kamu mau membayar karyawan seperti dirimu dengan bayaran mahal?

Jika kamu membenci perusahaan tempatmu bekerja, maka keluarlah dengan terhormat. Bukan dengan mencaci maki tempatmu mendapat nafkah. Jika kamu tidak berani keluar, maka belajarlah untuk mencintai & menghargai pekerjaanmu. Ada banyak orang di luar sana yg mengharapkan posisimu sekarang!

Jika kamu merasa bosmu tidak menghargaimu, maka buktikkan kalau kamu PANTAS dibayar lebih. Buktikkan kalau gaji yg kamu dapatkan jauh dibawah standar value yg kamu berikan. Buatlah bosmu MALU menggajimu begitu kecil. Berikan value lebih dibanding jumlah yg kamu dapatkan. Kamu dibayar bukan dari waktu kerja yg kamu berikan, kamu dibayar mahal karena kamu memberikan value & dampak ke perusahaan. Seberapa besar valuemu? Seberapa besar dampakmu?

Kalau kamu merasa bosmu tidak menghargai pekerjaanmu, bukan berarti itu alasan untuk kamu berhenti berusaha & bukan alasan kamu bekerja asal-asalan. Ingat, kamu bekerja untuk dirimu. Kamu bekerja membangun kredibilitas, membangun nama baik & membangun jejaring pertemanan. Jangan nodai reputasimu!

Pernahkah merasa tidak adil, kenapa bosmu mendapatkan lebih padahal kamu bekerja lebih banyak? Ya, karena bosmu memikul tanggung jawab LEBIH BESAR dibandingkan dirimu. Bosmu bertanggung jawab atas kehidupan seluruh karyawan perusahaan. Bosmu mengambil keputusan yang membuat perusahaan berjalan. Saat kamu pulang kerja tidur nyenyak, bosmu pulang kerja tidur dengan gelisah memikirkan nasib perusahaan & seluruh karyawan. Mungkin bosmu kelihatan tidak bekerja, namun ia mengambil keputusan keputusan penting yang akan mempengaruhi gerak roda perusahaan, dan akan berpengaruh juga kepadamu.
.
Tidak perlu takut bekerja memberikan yang terbaik, kamu bekerja untuk membangun karir dirimu sendiri, bukan orang lain. Jika bosmu bukanlah orang yang baik dan ia tidak menghargaimu, ketahuilah di luar sana masih banyak bos lain yang SIAP menghire kamu dan memberdayakan kamu LEBIH dari tempatmu bekerja sekarang. Masih banyak bos & perusahaan keren yang bisa membuat karyawannya bukan sekedar bekerja namun juga BERKARYA. 

Saya percaya, kamu bisa jauh lebih "awesome" lagi dari hari ini. Berikan value dan berikan dampak. Tunjukkan bahwa dirimu PANTAS dibayar lebih.

Yasa Singgih
30 Juni 2016

*Tulisan ini ditulis dr sudut pandang pribadi.
Kalau kamu ngga setuju ngga masalah sama sekali :) 
All is well