Hari ini, usia saya tepat masuk ke angka 21.
Usia dimana kata orang adalah usia legal bagi seorang pria.
Walaupun sepertinya saya merasa sudah memasuki usia 21 secara mental dari beberapa tahun yang lalu.

Begitu banyak pengalaman yang saya dapatkan selama 21 tahun perjalanan hidup saya ini. Usia 20 kemarin telah menjadi batu loncatan yang luar biasa bagi saya. Ada hal yang sesuai rencana ingin saya gapai di usia genap 20 tahun & ada juga yang tidak disangka sangka.

Saya bersyukur di usia 20 kemarin ada banyak pengalaman luar biasa yang saya dapatkan :
- Mens Republic yang berkembang pesat disaat banyak bisnis tumbang tahun lalu
- Buku Never Too Young To Become a Billionaire yang ternyata meledak di pasaran & masuk sebagai National Best Seller dalam waktu singkat
- Terpilih sebagai 30 Under 30 Young Entrepreneurs, Young Leaders & Game Changer in Asia by Forbes secara mengejutkan
- Memenangkan Juara 1 Wirausaha Muda Mandiri Nasional Kategori Mahasiswa Bidang Kreatif tahun 2016

Manusia memang sudah pada dasarnya selalu tidak puas, selalu ingin lebih. Masih banyak impian ke depan yang ingin saya capai, saya masih haus untuk mencetak rekor rekor baru dalam hidup saya. Namun sungguh saya sangat bersyukur atas semua yang saya dapat hari ini.

Namun dalam hidup ini, ada hal yang jauh saya syukuri daripada prestasi diatas. Orang tua yang bijak, keluarga yang harmonis, teman teman yang sangat baik, karyawan yang solid, dapat menginspirasi & memberi dampak untuk banyak orang jauh saya syukuri lebih dari apapun.

Dulu, saya berdoa supaya dapat uang sekian
Hari ini saya malu untuk mengucap doa meminta-minta lagi, rasanya semua yang datang kepada saya hari ini sudah jauh lebih dari cukup. Disaat banyak anak muda lain yang putus sekolah, yang menganggur, yang hidup tanpa orang tua, yang tidak punya tujuan hidup, dibandingkan teman teman yang kurang beruntung hidup saya sungguh sangat patut untuk disyukuri.

Dalam hidup ini sekarang saya hanya berdoa untuk diri saya sendiri 4 hal
Beri saya ilmu, beri saya keberanian, beri saya kebijaksanaan & beri saya kedisiplinan
Saya punya keyakinan bahwa saya tidak perlu meminta apapun, cukup dengan memiliki 4 mental ini dalam hidup saya maka apapun dapat saya raih.
Ilmu akan mengantarkan saya untuk menaklukkan apapun. Ilmu dapat merubah dunia.
Keberanian untuk melangkah dengan keyakinan menghadapi apapun yang ada di depan.
Kebijaksanaan untuk menjadi orang yang mengetahui mana yang baik & buruk, mana yang benar & salah. Kebijaksanaan untuk menjadi pribadi yang lebih teduh & damai.
Serta kedisiplinan untuk menjalani semua keputusan yang telah diambil dengan penuh komitmen & konsisten, dalam suka & duka.
Saya yakin 4 hal ini yang akan membawa saya menuju puncak : Ilmu, Keberanian, Kebijaksanaan & Kedisiplinan.

Kini saya paham kenapa banyak orang yang semakin tua semakin matang dalam mengambil keputusan, semakin paham memaknai arti kehidupan, karena pengalaman dan perjalananlah yang menempanya.
Menengok ke belakang, saya kadang tertawa sendiri mengingat apa yang pernah saya lakukan di usia usia awal memulai usaha. Ternyata banyak hal bodoh, hal memalukan, hal alay yang kalau saya ingat sekarang saya bilang, Duh ngapain sih Yasa begini.. hahaha. Namun semua kesalahan itu saya rasa penting untuk pendewasaan ke depannya. Hal hal aneh yang pernah saya lakukan dulu menjadi sebuah kenangan & cerita lucu bagi saya sekarang.

Masih banyak hal hal yang ingin saya capai di depan. Ada banyak rekor rekor yang akan saya pecahkan, menembus batas baru, membuktikkan bahwa yang tidak bisa akan menjadi bisa, memberi inspirasi bagi mereka yang awalnya tidak percaya agar punya harapan.

Semoga di usia 21 tahun ini, saya menjadi manusia yang lebih baik, lebih positif, lebih bermanfaat & lebih berdampak bagi banyak orang. Terima kasih untuk keluarga, teman teman, karyawan. Ada banyak juga teman teman di dunia maya yang sejak saya bermain social media 5 tahun yang lalu sampai sekarang terus berkomunikasi dengan saya walaupun belum pernah bertemu sekalipun. Terima kasih semuanya.

Mari kita bertumbuh!
Never too young to become a billionaire.
Yasa Singgih
23 April 1995