Entah apa penyebab pastinya, namun menurut saya internet ini telah menciptakan anak muda menjadi generasi malas baca. Semua maunya serba instan. Mulai dari malas baca buku, sampai ke malas baca penjelasan lengkap sebuah artikel di internet.

Coba perhatiin deh hehehe
Sering banget setiap kali saya posting sesuatu, selalu ada aja yang masih nanya di komen, "Kontaknya kemana, Yas?" , "Acaranya kapan?", "Bukunya beli dimana nich?", "Harganya berapa ya kira kira?". Padahal semua jawaban dari pertanyaan itu sudah tertulis JELAS di penjelasan atasnya. Tapi entah kenapa banyak sekali generasi malas baca. Dikit dikit nanya, dikit dikit komen padahal belum baca yang lengkap & teliti. Aneh..

Efek dari generasi malas baca ini juga sering kali berita berita HOAX nyebar begitu cepat karena banyak yang asal baca headline langsung sudah merasa baca seluruh artikel secara lengkap. Padahal headline tersebut dibuat untuk memprovokasi dan isinya ga nyambung sama sekali.

Ini dia yang bikin bangsa kita kerjaannya jadi berantem mulu. Banyak orang secara ga langsung suka memprovokasi gara2 suka banget share berita2 ga jelas yang belom dikroscek kebenarannya. Hadehh...

Hmmm...
Dear manteman yang masih muda. Budayakan membaca ya, jangan males baca, jangan gampang ngeklik share, jangan gampang komen sebelum baca secara jelas.

Sampe ada istilah yang mengatakan, "Ada satu hal yang lebih cepat dari cahaya, yaitu orang males baca nyebarin berita hoax"

Yasa Singgih
25 Juli 2016