Lega.. Plong rasanya, saya abis dengerin salah satu ceramah Aa Gym di Youtube. Isinya bagus banget.

"Kalo kita lagi naik mobil, hujan deras. Eh whipper kaca mobilnya rusak. Kita sering ngerasa ngga ada jalan di depan, padahal jalannya mah ada cuma ngga keliatan. Sama dengan saat dapet masalah, sering kali ngerasa ngga ada jalan keluar. Padahal bukannya ngga ada jalan keluar, cuma NGGA KELIATAN. Kenapa ngga keliatan?"

Wuihhh dalem banget ya. Tapi ini bener banget.
Pengalaman saya pribadi, pas lagi dapet masalah di bisnis beberapa kali saya ngerasa, "Gilaaa ini gimana...."
Tapi ternyata setelah beberapa lama ketemu jalan keluarnya, intinya adalah tenangin dulu pikiran kita sebelum ambil keputusan. Jangan pernah ambil sebuah keputusan pas lagi emosi, besar kemungkinan saat itu logika kita lagi ngga jalan.

Setiap kali ambil keputusan, selalu padukan antara logika dan emosi. Logika itu berbicara soal data, fakta & angka. Emosi berbicara soal feeling, perasaan, insting. Biasanya anak muda lebih suka pake emosi tapi masalahnya emosi anak muda masih lebih, pengalaman belum banyak. Mengambil keputusan berdasarkan insting itu perlu dilatih, makanya kenapa para pengusaha besar sekali buka bisnis langsung booming. Rata rata mereka ngga pake logika hitung hitungan lagi tapi pake insting yang sudah terlatih!

Ada cerita tentang Om William Soeryadjaya, sang pendiri Astra. Om William terkenal sebagai sosok orang kaya yang sanga humble dan cinta dengan karyawannya, sering kali Om William mengambil keputusan tanpa melewati riset dan jalur birokrasi lebih dulu. Satu hari di kantor Om William bertemu karyawannya di toilet, si karyawannya bertanya seperti ini, "Maaf Pak William, kenapa Pak William tidak buka bisnis di bidang A saja Pak?"
Lalu dengan santai Om WIlliam jawab, "Memang bagus ya bisnis itu? Kira kira butuh modal berapa?". Lalu dijawab oleh karyawan itu, "Bagus banget pak! Mungkin sekitar 5 Milliar..."

"Oke, kita mulai besok!" Jawab Om WIlliam singkat.
Hanya semudah itu Om William memutuskan untuk membuka unit bisnis baru. Dan pada saat Astra sedang mengalami terpaan masalah, bisnis bisnis yang dimulai oleh Om William berdasarka insting singkat itulah yang menyelamatkan kondisi keuangan Astra.

Tentu insting seorang WIlliam Soeyadjaya berbeda dengan kita yang masih awam. Maka saat ingin mengambil keputusan selagi muda selalu gunakan, "Saat masih muda gunakan 70% Logika 30% Insting. Saat sudah matang, gunakan 70% Insting 30% Logika"

Jadi...
Teman teman yang baik, saat ingin mengambil keputusan seperti
- "Kira kira ambil ruko ini ngga ya?
- "Stok barang baru ngga ya?"
- "Karyawan ini bagus atau ngga ya?"
- "Promosi kesini efektif ngga ya?"
Selalu gunakan 70% Logika 30% Insting. Logika dengan melihat data, fakta & angka untuk mempertimbangkannya. Sisanya biarkan insting kita bermain, latih insting kita. Semakin kita sering mengambil keputusan keputusan kecil maupun besar, insting kita akan terlatih.

Kalo dapet masalah terus kita bingung duluan, pusing duluan, stress duluan.. Biasanya yang aktif cuma emosi alias insting, logika kita ngga jalan karena semua udah tertutup sa emosi negatif. So, tenangkan pikiran dulu, tarik nafas sejenak, tunggu beberapa saat & baru ambil keputusan dengan penuh pertimbangan.

Yasa Singgih
2 Desember 2015