Mungkin kita ngga sadar, bahwa ternyata hidup kita sekarang ini adalah hasil dari sebuah tindakan atau keputusan kecil yang ternyata membuat dampak begitu nesar serta menjadikan kita hari ini seperti sekarang.


Sering kali kita merasa bahwa perubahan hidup terjadi dari sebuah tindakan atau keputusan besar, padahal tidak selalu begitu. Bisa jadi hal kecil yang kita ambil membuat dampak yang begitu besar.


Dan ternyata, Yasa Singgih hari ini seperti sekarang karena sebuah KEPUTUSAN kecil nan sederhana 5 tahun yang lalu untuk meluangkan waktu hari Sabtunya pergi ke Tanah Abang. Awalnya hanya berniat lihat lihat mau tau seperti apa itu Tanah Abang yang kata orang pusat grosir terbesar se Asia Tenggara dan ternyata malah berujung pinjam barang dagangan tanpa modal ke pedagang disana, lalu dibawa pulang untuk dijual dan keterusan karena keenakan. Akhirnya digulung terus sampai saya bikin brand sendiri bernama Men's Republic. Sederhana bukan? Cuma memutuskan "Ke Tanah Abang ah...." dapat merubah hidup saya secara keseluruhan. Andai hari itu saya memilh untuk nongkrong di cafe sama cabe cabean dan terong terongan? Ngga ada Yasa hari ini.


Satu lagi misalnya, keputusan untuk membeli dan membaca buku berjudul The Power Of Kepepet karya Mas Jaya Setiabudi juga salah satu keputusan sederhana yang sangat merubah hidup. Saya masih ingat, saya membelinya di Gramedia Supermall Karawaci saat saya kelas SMA 1. Pada saat itu saya masih kerja part time jadi MC di Mall tersebut jam 5 sore sampai 11 malam setiap weeekend. Sambil nunggu break, saya ngga makan di mall karena mahal dan ngirit, saya pilih untuk saya numpang baca buku di Gramedia dan membeli buku tersebut yang harganya ngga sampai 100rb tapi sangat merubah hidup saya. Dari buku itu kenekatan saya dalam berbisnis dimulai, sampai menghantarkan saya bisa kenal baik sama beliau sang penulis mbahnya juragan sampai sekarang. Tengkyu Mas Jaya..


Manteman yang baik, jangan tunggu ada peluang untuk mengambil sebuah hal yang besar. Sering kali kita ngga sadar bahwa ada hal kecil di depan mata yang apabila "Yes! Saya ambil sekarang! dapat merubah hidup bumi dan langit. Mungkin keputusan untuk makan siang dengan kenalan baru, iseng iseng bikin produk, beli buku atau ikut sebuah pelatihan bisa jadi keputusan yang merubah hidup kita selamanya dan menjadikan kita seperti hari ini.


Hargailah semua peluang yang ada, ambil setiap keputusan kecil ataupun besar yang ada di depan. Siapa tau itu adalah MAGIC MOMENT kita. Small is the new big!


Yasa Singgih
30 Januari 2016