Saya main Facebook kalo ngga salah udah dari 6 tahun yang lalu. Pokoknya seinget saya dulu saya main facebook gara gara gebetan saya ngomong gini di wall friendster saya, "Sa main facebook dong jangan main friendster mulu..."
"OKE SIAP!" hahahaha.

Akhirnya saya main facebook, selama ini saya main facebook kebanyakan untuk update informasi sekitar aja. Belakangan buka facebook karena selalu ada shared link link seru atau video video menarik yang lagi viral. Ya selain itu saya main fanspage di Facebook untuk Men's Republic.

Ada yang pernah tau apa itu Facebook Ads? Ini adalah fitur yang disediakan oleh Facebook untuk pebisnis yang ingin mengiklankan produknya lewat Facebook yang jutaan pengguna. Pasti sering dong sering liat di kolom kanan atau iklan bersponsor di Facebook? Nah, itu dia FB Ads.

Saya tahu FB Ads sebenernya udah lama. Tapi ngga nyoba nyoba karena satu? "Ah pasti susah.. Ribet.. Mending bayar orang aja". hehehe. Sebenernya di satu sisi ini cara pikir yang bagus, "Pengusaha ga harus pinter yang penting pinter cari orang pinter" ini prinsipnya! Tapi lama lama saya ngga ketemu orang pinter nya ini. Pernah ketemu tapi saya ngga pinter nyarinya alhasil FB Ads saya hasilnya nggak maksimal.

Tadinya sempet minta guru sekaligus sahabat saya Om Ber, alias Heri Bertus Tukang SEO. Tapi doiiiii sibuk banget berkelana mengambil kitab suci ke barat, maklum doi Sun Go Kong yang udah hidup 5000 tahun. hehehe. Trus sempet nyoba nyoba ke beberapa agensi, tapi hasilnya biasa aja. Ngga memuaskan.

Sampe hasilnya, karyawan saya Jetfry tim di Men's Republic pas di kantor ngomong gini, "Yas kenapa kita ngga coba FB Ads sendiri aja? Gampang kok! Nih caranya gini gini gini..."
Langsung saya pun mikir, "Duh emang gw males, si Jetfry aja udah belajar.. Masa saya masih kekeuh mau pake orang lain?!"

Alhasil saya bilang, "Oke Jet! Ajarin gw gimana yang loe tau, gw coba sekarang juga." Untungnya saya tipe orang nekat. Setelah tau sesuatu ngga pake lama langsung action, langsung masukkin duit ke Billing di FB Ads, dan pasang banyak iklan. Nafsu. hahaha. Sempet satu hari iklannya ga tayang-tayang, saya penasaran ngulik semaleman sambil googling dan tanya Didik, alumni Pelatihan Presiden saya yang passionate di Internet Marketing.

Setelah coba coba, akhirnya besoknya iklan saya terpasang. Cukup trial error 2 jam, dan menunggu sehari. Saya bisa main FB Ads. Belom jago, cuma baru bisa mainnya aja hehe sambil trial error. Cuma saya jadi nangkep satu hal lagi, kadang sebagai pengusaha berpikir untuk menggunakan skill orang lain terus itu ngga bagus. Kalo kita masih bisa handle sendiri, masih bisa belajar sendiri, ya lakuin sendiri! Jangan keenakan bayar orang terus.

Dan... Jangan bilang susah, jangan anggep ribet KALO BELOM NYOBA. Coba dulu, baru ngemeng. Ternyata saya bisa bisa aja tuh main FB Ads, yang dikira awalnya ribet padahal cuma klik klik aja. Sisanya tinggal belajar sama para master biar jago. FIGHT.

Yasa Singgih
1 Desember 2015