Sebenernya saya ngga pernah nyangka kalau @mensrepublicid bisa menjadi kendaraan bisnis yang membawa saya sampai seperti sekarang.


Saya memulainya pertama kali tahun 2011 saat masih SMA 1, tanpa pengetahuan apa apa, tanpa passion di bisnis fesyen, tanpa kemampuan design, tanpa ilmu bisnis apapun. Saya hanya punya keberanian untuk melangkah.

Justru karena saya "bodoh" nggak tahu apa apa makanya saya nggak takut untuk mulai. Karena saya ga tau apa resikonya gagal makanya saya mulai aja. Kalo gagal, yasudah cari cara lain. Gitu aja repot banget.

Kalo kita mau bisnis sesuai passion, itu bagus banget. Tapi saya percaya kalo mulai bisnis ngga harus dimulai dari passion, mulailah dari PELUANG. Kalo ada peluang besarnya, ya hajar. Passion itu ibarat perasaan cinta, bisa tumbuh makin besar sendirinya seiring berjalan waktu. Apalagi kalo udah berasa untungnya.

Saya pun sampai sekarang masih ga ngerti apa apa soal teknis bikin kaos, bikin sepatu, dll. Saya cukup ngerti proses bisnis nya aja, sisanya saya serahkan pada yang lebih pintar. Jiwa saya pebisnis, saya akan terus menciptakan peluang & kesempatan baru. Saya akan terus tumbuh bersama @mensrepublicid dan dari bisnis inilah nantinya akan muncul bidang bidang bisnis lainnya.

Kita ga perlu memaksa diri untuk menguasai semuanya. Bahkan kita ga perlu memaksa diri untuk pintar di bidang itu. Melangkahlah tanpa beban! Setiap pebisnis pasti takut, tapi keberanian untuk suksesnya mengalahkan semua ketakutan yang ada.

Yasa Singgih
28 Januari 2016
See you at the top!