Kalo kita ngerasa selama ini hidup kok gini gini aja ya, kayak stag di tempat. Coba cek siapa orang2 terdekat kita selama ini. Mohon maaf, tapi bisa saja selama ini kita terjebak di lingkungan yang salah yaitu lingkungan yang ga suportif menuju purpose kita.Misalnya gini, purpose of life kita mau jadi pemain bola tapi temenannya sama pemain pingpong. Kan beda visi misi tuh, pastinya hasil akhirnya juga ga sesuai dengan keinginan kita.


Karena orang2 yg sering ketemu sama kita PASTI sedikit banyak mempengaruhi kita seperti apa hari ini. Positif ataupun negatif.

Coba dicek, siapa aja temen2 kita selama ini yang paling intensif komunikasi dan ketemu sama kita. Maka banyak orang bilang, "Cek 5 orang terdekatmu, jumlahkan penghasilan mereka masing masing lalu dibagi sama rata, maka itulah penghasilanmu"
Ya, penghasilan kita ngga akan jauh beda dengan penghasilan 5 orang terdekat kita.

Nah jadi sekarang cek deh teman teman kita, coba tanya ke diri masing2.. Apakah sebenarnya dia adalah orang yang tepat utk bersama2 menuju purpose saya? Ataukah orang ini sebenarnya merugikan dan membawa dampak negatif tapi kita ngga enakkan aja tinggalin dia?

Saran saya, kalo kita berada di tempat negatif, walaupun udah lama deketnya sekalipun dan diajak maju ngga mau, tinggalkan saja! Pilihannya dalam berteman cuma dua, mempengaruhi atau dpengaruhi. Tinggal pilih aja, ajak dia ke positif atau terbawa dia ke negatif.

Balik lagi ke topik, apakah kita sudah punya komunitas yang positif? Berapa banyak kontak di HP kita orang2 yg positif? Berapa banyak orang sukses atau minimal ada diatas kita yang kita kenal secara dekat? Coba pikirkan ini baik baik.

Mungkin hidup kita stag karena kita salah pilih teman, kita ngga punya networking yang bagus. Padahal relasi adalah kunci membangun kehidupan yg berhasil. Maka mulai sekarang, berteman jangan pilih2 deh. Tapi usahakan sahabat harus pilih. Utamakan orang terdekat kita adl orang positif.

Kalau mau jadi pebisnis, bermainlah bersama pebisnis. Belajar bersama, ngobrol bareng. Saya yakin mindset & kebiasaannya akan ngikut!